Beranda | Artikel
Apa itu Sihir?
Jumat, 21 Februari 2014

Masyarakat kita masih identik dengan sihir dan klenik. Ada orang yang pernah kita lihat terkena sihir sehingga jatuh sakit, gila, stress dan akibat jelek lainnya. Ada juga sihir yang bentuknya membuat orang lain jatuh cinta atau sebaliknya malah saling benci. Lalu apa yang dimaksud sihir?

Sihir berarti sesuatu yang samar dan halus sebabnya. Demikian pengertian secara bahasa.

Adapun pengertian secara istilah, sihir ada dua pengertian:

1- Mantera atau jimat yang digunakan oleh tukang sihir sebagai bentuk pengabdian pada setan untuk mencelakai orang yang hendak disihir.

2- Obat yang berpengaruh di badan, akal, dan pikiran orang yang disihir. Inilah yang disebut dengan shorf dan ‘athof (obat yang membuat orang lain tertarik atau benci). (Lihat Al Mukhtashor fil ‘Aqidah karya Syaikh Kholid bin ‘Ali Al Musyaiqih, hal. 131)

Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin, “Sihir adalah mantera-mantera yang dibacakan oleh tukang sihir untuk memudhorotkan atau membahayakan orang lain. Di antara pengaruh sihir ada yang sampai terbunuh, jatuh sakit atau gila. Ada juga yang pengaruhnya sampai seseorang begitu cinta pada yang lain atau ada yang pengaruhnya hingga membuat benci. Intinya, sihir ada berbagai macam. Namun semuanya itu diharamkan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri berlepas diri dari sihir atau meminta untuk orang lain disihir.” Demikian dijelaskan oleh Syaikh dari penjelasan beliau terhadap kitab Riyadhus Sholihin karya Imam Nawawi, 6: 573, terbitan Darul Wathon.

Akan dilanjutkan selanjutnya dengan bahasan hukum sihir, semoga Allah mudahkan.

@ Pesantren Darush Sholihin saat Allah memberi karunia hujan, 21 Rabi’uts Tsani 1435 H

Akhukum fillah: Muhammad Abduh Tuasikal

Follow status kami via Facebook Muhammad Abduh TuasikalFans Page Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat,Twitter RumayshoCom

Akan segera hadir buku Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal terbaru: “Kenapa Masih Enggan Shalat?” seharga Rp.16.000,-. Silakan lakukan pre order dengan format: Buku enggan shalat# nama pemesan# alamat# no HP# jumlah buku, kirim ke 0852 00 171 222.


Artikel asli: https://rumaysho.com/6715-apa-itu-sihir.html